Wednesday, December 19, 2012

Life Of Pi


Harga Rp. 55.000


Buku Life of Pi merupakan novel yang ditulis oleh Yann Martel dan berhasil memenangkan penghargaan Man Booker Prize tahun 2002. 

Buku ini menceritakan bagaimana seorang remaja laki-laki, bernama Pi yang harus bertahan hidup di atas sekoci di tengah laut lepas Samudra Pasifik bersama seekor zebra, seekor hyena, seekor orang utan dan seekor harimau Royal Bengal yang buas, setelah kapal yang ditumpanginya karam dalam perjalanan dari India menuju Kanada.

Buat anda mungkin cerita ini terdengar biasa karena banyak buku semacam ini yang menceritakan kehidupan survivor, seperti contohnya film SANCTUM. Namun yang membuat berbeda adalah pesan-pesan yang termuat dalam buku ini. 

Selain menceritakan seorang remaja laki-laki asal India harus berpikir dengan segala cara bagaimana bertahan hidup dengan binatang buas di sisinya, buku ini juga mengajarkan apa arti bertahan di tengah kehilangan, apa itu persahabatan dan yang menarik buku ini juga menyentuh sisi-sisi religius, dimana Pi sebenarnya tengah berada dalam proses mencari Tuhan sesungguhnya.

Special Display @gramediapku Sudirman


Banyak hal yang bisa kita renungkan ketika kita membaca buku ini, bagi sebagian orang mungkin terlihat tidak mungkin atau hanya khayalan, tetapi jika kita tarik ke dalam kehidupan kita sehari-hari kita akan menemukan seekor harimau yang diceritakan bisa jadi seperti tantangan dalam hidup yang harus kita jadikan sahabat jika ingin bertahan. Atau mungkin kita pernah merasakan kehilangan yang teramat dalam, belajar dari Pi, dia sanggup bertahan dimana bisa saja dia bunuh diri karena kesedihan yang teramat sangat dan kesempatan untuk selamat teramat kecil.

Satu bagian yang paling menarik menurut saya adalah ketika Pi menemukan satu buku panduan di dalam sekocinya tentang bagaimana bertahan di tengah lautan, di dalamnya ada berbagai tips yang bisa dilakukan jika harus bertahan dalam sekoci ketika kapal karam. Ada satu poin atau tips penting yang ditulis disana, yakni  :

“Jangan sampai patah semangat. Boleh merasa kecil hati, tapi jangan menyerah. Ingat, semangat sangat penting, melebihi lain-lainnya. Kalau Anda punya kemauan untuk hidup, Anda pasti bisa bertahan. Semoga beruntung ! ”

Bagian inilah yang telah menyemangati Pi bahwa yang paling penting adalah jangan patah semangat. Buku Life Of Pi masuk ke dalam Buku Rekomendasi kami Minggu ini. 

Dapatkan segera buku ini di Gramedia Se-Sumatera kesayangan anda. Selamat Membaca...

No comments:

Post a Comment